5/25/2014

Informasi Lengkap Tentang Cagar Alam Gunung Mutis

Cagar alam gunung mutis adalah salah satu objek wisata alam andalan yang ada di provinsi nusa tenggara timur. Kawasan cagar alam ini terkenal dengan banyaknya gunung batu marmer yang oleh masyarakat sekitar sering diebut faut kanaf atau bisa juga diartikan batu nama. Dibawah gunung batu marmer tersebut ditemukan sumber-sumber mata air yang oleh masyarakat sekitar disebut oe kanaf yang berarti air dari batu. Cagar alam gunung mutis terletak di sebelah timur laut dari kota kupang dengan jarak sekitar  140 kilometer tepatnya di kecamatan mollo utara, timor tengah selatan, nusa tenggara timur.
Cagar alam gunung mutis
Cagar alam gunung mutis merupakan tempat tinggal suku tertua di nusa tenggara timur yaitu suku dawan. Kawasan cagar alam ini ditumbuhi berbagai jenis tanaman, namun yang mendominasi di cagar alam ini adalah jenis ampupu atau eucalyptus urophylla dan juga cendana atau santalum album. Gunung mutis merupakan kawasan paling basah di wilayah nusa tenggara timur dimana hujan turun setiap bulannya sepanjang tahun. Dengan kondisi seperti itu, kawasan cagar alam gunung mutis menjadi sumber air utama bagi daerah aliran sungai besar yang ada di kawasan tersebut, diantaranya noelmina dan noel benain di wilayah bagian selatan, dan noel fain yang terletak diwilayah bagian utara.
Keindahan Cagar Alam Gunung Mutis
Untuk menuju ke cagar alam gunung mutis, para wisatawan dapat menempuh tiga jalur yang ada yaitu dari arah utara, arah selatan, dan  arah timur. Untuk jalur dari arah selatan dan timur, para wisatawan dapat melewati kabupaten timor tengah selatan dan setelah sampai di desa mapan, kecamatan molo utara, akan terdapat dua jalur ke arah selatan dan arah timur. Untuk jalur ke arah selatan yang menuju ke desa fatumnasi dan jalur kearah timur yang menuju ke desa bonleu. Sedangkan untuk jalur dari arah utara, para wisatawan akan melewati kabupaten timor tengah utara.
Di kawasan cagar alam ini para wisatawan dapat menikmati kesejukan udara dan juga pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Disamping itu di cagar alam gunung mutis juga terdapat berbagai fauna yang semakin menghiasi keindahan cagar alam gunung mutis. Lihat juga keindahan pulau tidung di kepulauan seribu.

0 komentar:

Posting Komentar